Pages

Senin, 03 Desember 2012

Tugas ARTIKEL Pengantar Bisnis (8)


Nama : Joshua Harold Bintang
NPM  : 23212971
Kelas : 1EB17    


Tips Bisnis Properti


Tips bisnis property Ala Ajib S. Nama Ajib Hamdani, mantan pegawai Ditjen Pajak, mencuat bersamaan kasus Dhana Widyatmika. Ia banyak memiliki bisnis, diantaranya bisnis property yang ia mulai dengan membangun kamar-kamar kos, kemudian meningkat menjadi konsultan property hingga menjadi pengembang property berbendera Zee Property.


Ia mengaku saat memulai bisnis kos-kosan sama sekali tak memiliki modal besar. Modalnya hanya kemampuan melobi pemilik lahan dan memiliki jaringan dengan investor yang membiayai pembangunan kos-kosan dengan pola kerja sama Build Operate and Transfer (BOT).


Dalam sebuah pengembangan bisnis, yang dibutuhkan ada 3 hal. Yang pertama ide, yang kedua jaringan, dan yang ketiga adalah modal, “katanya seperti dikutip dalam blognya, jumat (9/3/2012).


Dalam blognya Ajib Hamdani mengaku punya latar belakang pendidikan di bidang property. Sewaktu kuliah di STAN, mengambil jurusan penilai/PBB selama 3 tahun. Kemudian sewaktu kuliah kedinasan di Universitas Diponegoro (UNDIP) mengambil jurusan Ekonomi Spsesialisasi Penilai Properti.


“Dengan mengandalkan ilmu yang didapat waktu kuliah, Ajib merintis usaha di bidang property. Dimulai dari hal-hal yang kecil, yaitu membangun kos. Proyeknya adalah membangun 26 kamar kos di dekat kampus STAN. Wah, hebat membangun kamar kos? Nggak hebat juga. Bisnis nya sih biasa saja. Tetapi, idenya yang sedikit luar biasa, “kata Ajib.


Nah, yang menarik Ajib menerapkan prinsip dalam salah satu teori Build, Operate and Transfer (BOT). Yaitu kita membangun sebuah property di tanah orang lain, kemudian mengoperasikan dan kemudian menyerahkan property tersebut kepada pemilik lahan pada masa akhir BOT sebagai bentuk kontraprestasi.


“Ajib melihat ada lahan kosong menganggur seluas sekitar 500 m2. Kemudian Ajib mencari pemilik lahan tersebut, ternyata punya Pak Haji di kampong sekita lokasi (kawasan STAN). Kemudian setelah melobi, Ajib berhasil mendapatkan masa BOT selama masa 5 tahun (tentu Ajib menjabarkan konsep BOT dengan bahasa sederhana kepada pemilik lahan),”jelasnya.


Ia menuturkan selama 5 tahun tersebut, Ajib tidak usah membayar sewa tanah. Ia cukup membangun kamar kos, bisa mengambil hasil kos selama 5 tahun, dan pada akhir tahun kelima, ia menyerahkan bangunan tersebut kepada pemilik tanah sebagai kontraprestasi.Soal bagaimana cara mendapat uang untuk membangun kamar-kamar kos yang berjumlah 26, Ajib punya trik jitu yang perlu ditiru. Untuk dapat modal, Ajib membuat proposal untuk investasi pembangunan kos kepada investor.

“Pembangunan kamar kos itu sangat menguntungkan. Dari pembangunan 2 kamar, kita bisa mendapatkan 1 kamar tambahan dengan hanya mengeluarkan sedikit biaya. Karena temboknya saling menyambung. Jadi, dengan modal relatif kecil, Ajib bisa mendapatkan 6 kamar, “katanya.


Ajib pun menantang bagi siapa saja yang mempunyai tanah kosong yang mau dikerjasamakan, bisa menghubungi dirinya.      

                            
                                                                                                         Sumber : EkonomikaBisnis.com  

0 komentar:

Posting Komentar