Pages

Jumat, 20 Juni 2014

Tugas Aspek Hukum dalam Ekonomi #


Nama : Joshua Harold Bintang
NPM  : 23212971
Kelas : 2EB17    


Polisi Bantu Pengangguran Cari Kerja


TANGERANG - Guna menekan tingginya tingkat kriminalitas akibat faktor ekonomi, Polsek Karawaci mulai melaksanakan program polisi peduli pengangguran. Melalui program ini polisi berupaya memfasilitasi para pengangguran agar mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Tangerang.

“Sebagian besar penyebab tindakan kriminalitas adalah pengangguran dan Polri berupaya meminimalisir itu dengan program Polisi Peduli Pengangguran," kata Kapolsek Karawaci, Kompol Priyo Utomo, Senin (24/12/2012).

Priyo berharap dengan ditekannya angka pengangguran, maka tindakan kriminalitas dapat menurun, karena menurut Priyo, urusan perut yang diakibatkan karena menganggur kadang bisa berujung pada tindak kriminal.

Untuk tahap awal ini ada sebanyak 200 pengangguran yang dibantu oleh Polsek Karawaci untuk disalurkan ke perusahaan yang ada di sekitar wilayah hukum Polsek Karawaci.

“Kita bekerjasama dengan perusahaan outsourching PT Sakura Jaya Utama untuk menyalurkan pengangguran. Sekurangnya 200 pengangguran yang disalurkan pada tahap satu ini," tegasnya.

Sementara itu, Bondan mengaku kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah pindah dari kampung halamannya ke Tangerang. " Ya kalau yang nyariin kerjanya polisi siapa tahu jadi lebih mudah," tuturnya kepada wartawan.
(ful)

Sumber : http://News.okezone.com/PolisiBantuPengangguranCariKerjaOkezoneJakarta.htm , diakses pada hari Kamis 19 Juni 2014, 19:56 WIB.

Analisis :
Kesimpulan dari artikel diatas yaitu bahwa Polsek Karawaci melaksanakan program polisi peduli pengangguran guna menekan tinggi nya tingkat kriminalitas akibat factor ekonomi. Upaya tersebut dilakukan dengan memfasilitasi para pengangguran agar mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan khususnya yang ada di Kota Tangerang.
Prosesnya yaitu untuk tahap awal ini ada sebanyak 200 pengangguran yang dibantu oleh Polsek Karawaci untuk disalurkan ke perusahaan yang ada di sekitar wilayah hukum Polsek Karawaci yaitu melalui kerja sama dengan perusahaan outsourching PT Sakura Jaya Utama.

Menurut saya, saya sangat mendukung program Polisi peduli pengangguran tersebut karena dapat membantu para pengangguran untuk memperoleh pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia khususnya di Kota Tangerang. Selain itu, Polsek Karawaci juga harus bisa mengembangkan kerja sama dengan banyak perusahaan agar kelak semakin banyak para pengangguran dan tenaga kerja yang terserap untuk bekerja di perusahaan tersebut.
Apa yang dilakukan Polisi ini tentunya harus bisa menjadi cerminan bagi pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan yang banyak agar mengurangi pengangguran di Negara ini, selain itu pelatihan-pelatihan bagi tenaga kerja perlu diberikan guna menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas yang siap bersaing di dunia pekerjaan.
Hal ini sangatlah penting dilakukan guna mengurangi dan mencegah tindak kriminalitas yang sering terjadi di seluruh wilayah negara ini. Mengingat salah satu factor dari tindak kriminalitas adalah pengangguran, setidaknya dengan semakin banyaknya lapangan pekerjaan yang ada otomatis tindak kriminalitas dapat diminimalisasi dan dicegah, seiring dengan banyak nya para pengangguran yang sudah bekerja dan mendapatkan gaji tanpa harus melakukan tindak kriminal. 
 



0 komentar:

Posting Komentar