MAKALAH PEREKONOMIAN INDONESIA
“
MULTINATIONAL CORPORATION ”
Disusun
Oleh :
JOSHUA HAROLD ( 23212971 )
KELAS :
1EB17
AKUNTANSI – FAKULTAS EKONOMI
Universitas Gunadarma Kalimalang
2012/2013
1. Multinasional , Corporate sebuah Agresi pada Wirausahawan
?
Menurut Yuliati dan
Prasetyo (2002:12) menyatakan bahwa perusahaan multinasional (multinational
company) atau disingkat MNC dapat didefinisikan sebagai perusahaan yang
melakukan aktivitas produksi dan penjualan barang atau jasa di lebih dari satu
negara. MNC merupakan perkembangan lebih lanjut dari perdagangan internasional
dengan mengekspor barang. Dalam kegiatan bisnisnya, sebuah MNC akan dikoordinir
oleh perusahaan induk (biasanya berlokasi di negara asal atau home country), di
mana fokus perhatian adalah prestasi MNC secara keseluruhan.
Kemudian, menurut saya Perusahaan Multinasional atau
Multinational Company (MNC) adalah perusahaan yang
berusaha di banyak negara perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan
seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki
sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global.
Perusahaan multinasional yang sangat besar memiliki dana
yang melewati dana banyak negara. Mereka dapat memiliki pengaruh kuat dalam
politik global, karena pengaruh ekonomi mereka yang sangat besar bagi para
politisi, dan juga sumber finansial yang sangat berkecukupan untuk relasi
masyarakat dan melobi politik.
Karena jangkauan internasional dan mobilitas PMN, wilayah
dalam negara, dan negara sendiri, harus berkompetisi agar perusahaan ini dapat
menempatkan fasilitas mereka (dengan begitu juga pajak pendapatan, lapangan
kerja, dan aktivitas eknomi lainnya) di wilayah tersebut. Untuk dapat
berkompetisi, negara-negara dan distrik politik regional seringkali menawarkan
insentif kepada PMN, seperti potongan pajak, bantuan pemerintah atau
infrastruktur yang lebih baik atau standar pekerja dan lingkungan yang memadai.
Wirausahawan adalah orang yang
melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat
mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk
pengadaan produk baru, memasarkannya,
serta mengatur permodalan operasinya.
Menurut saya, Perusahaan Multinasional Corporation bisa
menyebabkan Agresi bagi Wirausahawan Karena pada umumnya masyarakat atau
konsumen lebih percaya dan yain kepada usaha/bisnis yang dijalankan oleh
Perusahaan Multinasional Corporation dari pada bisnis/usaha yang dijalankan
oleh Wirausahawan. Hal ini bisa terlihat dari segi kualitas dan kuantitas
produksi barang yang dihasilkan oleh Perusahaan Multinasional yang lebih
menjanjikan, terlihat dari tingkat kesuksesan perusahaan yang mampu memiliki
banyak kantor dan membuka cabang di berbagai Negara, memiliki dana yang
melewati dana banyak Negara, dan menjadi perusahaan yang besar.
Hal ini berbanding terbalik dengan para
Wirausahawan yang hanya terkenal keberhasilanya oleh sebagian masyarakat di
daerah atau Negara nya saja, dan tidak semua wirausahawan menjadi sukses karena
usaha yang mereka jalankan terkadang bangkrut dan sulit mengembangkan usahanya
karena banyak nya saingan di dunia bisnis.
Selain itu, Perusahaan Multinasional juga bisa menjadi
ancaman bagi Wirausahawan. Hal ini terlihat dari saingan produk yang sama dan
sebanding dengannya dalam hal tingkat level perusahaan. Selain sudah banyak
dikenal oleh Konsumen di seluruh dunia dan banya Negara, produk Perusahaan
Multinasional juga memiliki nilai lebih dari segi kualitas dan kuantitas
produknya yang membuat masyarakat lebih yakin untuk mengkonsumsi produk
Perusahaan Multinasional daripada produk Wirausahawan.
Daftar Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar