MAKALAH PEREKONOMIAN INDONESIA
Disusun Oleh :
JOSHUA HAROLD ( 23212971 )
KELAS : 1EB17
AKUNTANSI – FAKULTAS EKONOMI Universitas Gunadarma Kalimalang2012/2013
1. Multinasional , Corporate sebuah Agresi pada Wirausahawan ?
Perusahaan Multinasional atau PMN adalah perusahaan yang berusaha di banyak negara; perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik
atau kantor cabang di
banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka
mengkoordinasi manajemen global.
Perusahaan multinasional yang sangat
besar memiliki dana yang melewati dana banyak negara. Mereka dapat memiliki
pengaruh kuat dalam politik global, karena pengaruh ekonomi mereka yang sangat
besar bagi para politisi, dan juga sumber finansial yang sangat berkecukupan
untuk relasi masyarakat dan melobi politik.
Karena jangkauan internasional dan
mobilitas PMN, wilayah dalam negara, dan negara sendiri, harus berkompetisi
agar perusahaan ini dapat menempatkan fasilitas mereka (dengan begitu juga
pajak pendapatan, lapangan kerja, dan aktivitas eknomi lainnya) di wilayah
tersebut. Untuk dapat berkompetisi, negara-negara dan distrik politik regional
seringkali menawarkan insentif kepada PMN, seperti potongan pajak, bantuan
pemerintah atau infrastruktur yang lebih baik atau standar pekerja dan
lingkungan yang memadai.
PMN seringkali memanfaatkan subkontraktor untuk
memproduksi barang tertentu yang mereka butuhkan.
Wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
Menurut saya, Perusahaan Multinasional Corporation bisa menyebabkan Agresi bagi Wirausahawan Karena pada umumnya masyarakat atau konsumen lebih percaya
dan yain kepada usaha/bisnis yang dijalankan oleh Perusahaan Multinasional
Corporation dari pada bisnis/usaha yang dijalankan oleh Wirausahawan. Hal ini
bisa terlihat dari segi kualitas dan kuantitas produksi barang yang dihasilkan
oleh Perusahaan Multinasional yang lebih menjanjikan, terlihat dari tingkat kesuksesan
perusahaan yang mampu memiliki banyak kantor dan membuka cabang di berbagai Negara,
memiliki dana yang melewati dana banyak Negara, dan menjadi perusahaan yang
besar.
Hal ini berbanding terbalik dengan para Wirausahawan yang
hanya terkenal keberhasilanya oleh sebagian masyarakat di daerah atau Negara nya
saja, dan tidak semua wirausahawan menjadi sukses karena usaha yang mereka
jalankan terkadang bangkrut dan sulit mengembangkan usahanya karena banyak nya
saingan di dunia bisnis.
Selain itu, Perusahaan
Multinasional juga bisa menjadi ancaman bagi Wirausahawan. Hal ini terlihat dari saingan produk yang
sama dan sebanding dengannya dalam hal tingkat level perusahaan. Selain sudah
banyak dikenal oleh Konsumen di seluruh dunia dan banya Negara, produk
Perusahaan Multinasional juga memiliki nilai lebih dari segi kualitas dan
kuantitas produknya yang membuat masyarakat lebih yakin untuk mengkonsumsi
produk Perusahaan Multinasional daripada produk Wirausahawan.
2. Wajah Perekonomian Indonesia, antara Kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman dalam menghadapi tantangan global !
Kekuatan :
- Indonesia memiliki strengths, opportunities, weaknesses, dan threats
- Dalam hal kekuataan, Indonesia memiliki ekonomi domestik yang kuat, seperti memiliki market yang besar, jumlah penduduk dan usia produktif serta Sumber Daya Alam yang melimpah
- Indonesia memiliki kelas menengah yang terus bertumbuh, adanya predikat investment grade, cadangan devisa yang kuat, pengelolaan utang pemerintah yang lebih berhati-hati, dan kebijakan moneter yang komprehensif.
Kelemahan :
- Kondisi infrastruktur yang belum memadai
- Sektor keuangan yang rentan terhadap gejolak ekonomi global
- Kualitas SDM Indonesia yang relatif masih rendah dibandingkan dengan negara tetangga.
Peluang
dan Kesempatan :
Sementara
dari sisi peluang, Indonesia memiliki peluang dikarenakan adanya pergeseran
kekuataan ekonomi dari Barat ke Timur, semakin berperannya Indonesia di dalam
forum dialog internasional seperti G20, APEC, dan semacamnya.
Ancaman
dalam menghadapi tantangan Global :
Indonesia
itu harus siap, karena kesiapan Indonesia dalam menghadapi persaingan
global, seperti implentasi AEC harus baik. Selain itu kondisi ekonomi
global yang tidak kondusif. Defisit Current Account (CA) yang memiliki
kencendrungan memburuk, dan adanya ketidakpastian harga minyak dunia. Ini
kalau tidak bisa diselesaikan bukan hanya ancamana, tapi bisa menjadi
penghambat Indonesia berkembang.
Kesimpulan
- Perusahaan Multinasional Corporation dan Wirausahawan, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk dapat tetap bertahan dan meningkatkan kinerja nya masing-masing di dalam dunia bisnis/usaha, tergantung dari ketahanan dan keberlangsungan mereka dalam menghadapi persaingan di dunia usaha/bisnis dan tantangan global.
- Ketidakpastian ekonomi global saat ini tentu harus dihadapi Indonesia dengan tantangan yang berat dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi yang tetap tinggi seperti tahun lalu. Indonesia sendiri memiliki beberapa karakteristik yang tetap mampu mendongkrak ekonomi tumbuh dengan kuat. Namun, Indonesia juga memiliki beberapa kelemahan.
Daftar Pustaka
PT. TRIJAYA AXA FORWANDING, merupakan salah satu perusahaan SPECIALIST Import Door TO Door melalui UDARA LAUT dan DARAT di seluruh MANCANEGARA,
BalasHapusTAF memberika pelayanan menyuluruh dari bongkar MUAT di BANDARA/ PELABUHAN untuk angkut lanjut sampai ke tujuan peletakan yang di inginkan oleh CUSTOMER,
Agar mencapai kebutuhan dan target yang diberikan oleh CUSTOMER tetap berjalan sesuai dengan kesepakatan, kami menawarkan pelayanan tepat waktu harga kompetitif sehinga tercapai hasil layanan yang berkualitas lebih konsisten dari pada yang ekspeditur lain,
VISI dan MISI
TAF memiliki VISI yang jelas untuk masa depan LOGISTIK pelayanan paripurna untuk pengiriman Door TO Door SERVICE ke seluruh INDONESIA,
Sebagai bahan pertimbangan untuk mempermudah kami sertakan CATALOG HARGA Sbb:
ASIA AREA
BANKOK-Jakarta : U/ Rp. 125.000, - L/ Rp. 21.000, -
MALAYSIA-Jakarta : U/ Rp. 150.000, - L/ Rp. 20.000, -
SINGAPORE-Jakarta : U/ Rp. 80.000, - L/ Rp. 8.000, -
INDIA-Jakarta : U/ Rp. 185.000, - L/ Rp. 25.000, -
VIETNAM-Jakarta : U/ Rp. 150.000, -
SHANGHAI-Jakarta : U/ Rp. 135.000, - L/ Rp. 12.000, -
GUANGZHOU-Jakarta : U/ Rp. 108.000, - L/ Rp. 15.000, -
YIWU-Jakarta : U/ Rp.150.000, - L/ Rp.15.000, -
HONGKONG-Jakarta : U/ Rp. 120.000, - L/ Rp. 12.000, -
KOREA-Jakarta : U/ Rp. 130.000, - L/ Rp. 12.000, -
TAIWAN-Jakarta : U/ Rp. 120.000, - L/ Rp. 12.000, -
JEPANG-Jakarta : U/ Rp. 185.000, - L/ Rp.20.000, -
AMERIKA dan EROPA AREA
USA-Jakarta : U/ Rp. 190.000, - L/ Rp. 25.000, -
KANADA-Jakarta : U/ Rp. 185.000, - L/ Rp. 25.000, -
GERMANY-Jakarta : U/ Rp. 190.000, - L/ Rp. 25.000, -
BELANDA-Jakarta : U/ RP. 185.000, - L/ Rp. 25.000, -
INGGRIS( UK) -Jakarta : U/ Rp. 190.000, - L/ Rp. 25.000, -
FRANCE-Jakarta : U/ Rp. 190.000, - L/ Rp. 25.000, -
ITALY-Jakarta : U/ Rp. 185.000, - L/ Rp.25.000, -
HARGA TERSEBUT MASIH BISA KITA NEGOSIASI LAGI,
Besar harapan kami untuk menjalin kerjasama dengan PERUSAHAAH Bpk/ Ibu, atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan trima kasih,
Salam,
Samsuardi,
Pt.trijaya AXA Forwarding
Jl.Dr.Saharjo SW. 3 No. 6 – Jakarta Selatan
T/ f : 021-8378 6624-05 / 021-8378 6609
C/ p : 08111122344
E-mail : sam_trijaya@yahoo.com